Friday, February 6, 2009

Musibah Yang Tak Membawa Berkah


Sepulangnya Nina dari liburan waktu itu, sebenernya udah niat mau blogwalking dan update blog. Sayang seribu sayang, ada sebuah kejadian yang lumayan merugikan keluarganya Nina. Jadi mohon maaf ya kalo akhirnya Nina jadi lama banget absen ngeblog.
*serius mode on*
Awalnya aku tidak begitu memperhatikan keanehan pada struktur bangunan rumah yang aku dan keluargaku tempati saat ini. Oke, mungkin karena aku emang bukan tipe yang terlalu detil mengamati sesuatu selain hal2 di luar minatku... Sampai suatu hari saking capeknya aku pulang dari liburan, aku minta dipijitin sama si Mbak. Pas dipijitin itu aku baru ngeh kalau ada sesuatu yang aneh pada langit2 kamarku. Eternit kamarku kok sepertinya mau rubuh ? Dengan tenangnya aku lalu berdiri dan mengamati eternit kamarku dari berbagai sudut... (sudah kayak arsitek aja aku ini). Dan benar !!! Itu eternit emang sepertinya jebol. Karena aku pikir ah palingan cuma butuh dipaku lagi, makanya aku santai2 saja. Esok paginya aku lagi santai di ruang TV sambil ngemil Lays rasa rumput laut.. (enak lho.. ) waktu tiba2 aku mendengar bunyi “krek”. Dengan bingung aku mencari sumber suara tersebut tapi gak ketemu ! Kembali santai aku melanjutkan acara nonton TV plus ngemil itu. Dan disitulah kejadiannya. Tahu2 ntu eternit rumahku jebol...bener2 jebol... dan tambahan lagi plafonnya ikutan jebol.... rubuh... ambruk gitu.. Spontan aku menyelamatkan...Lays-ku !!!
Akhirnya mau tidak mau aku nyuruh si Mbak manggilin tukang yang emang tetanggaku. Setelah dicek sana sini...maka diputuskan... Rumahku harus renovasi total. Kenapa harus ???? Karena ternyata semua kayu penahan (apalah itu istilahnya aku gak ngerti) udah abis dimakan RAYAP !!! Makanya ntu plafon sampai ambruk. Trus aku gimana dong?? Mesti tinggal dimana kami ??? Hotel?? Buseettt buat renovasi rumah aja ngabisin duit banyaaaakkk... tempet temen?? Masa mo nebeng berhari-hari?? Akhirnya kita semua sibuk menyelamatkan barang2. Haduuhh capek banget mindah2in lemari, rak2, meja, kursi, kompor gas + tabungnya, kulkas, dll. Cuma ada 2 ruangan yang selamat yaitu kamar si Mbak dan Gudang. Jadinya semua barang kami paksakan masuk ke gudang. Untuk masak terpaksa kompor kami pindahkan ke belakang yaitu di tempat jemuran... jadiiiii kita masak di luar (berasa kaya jadi pengungsi beneran deh). Lalu di mana kami tidur..?? Yak.. kami terpaksa “umpel2an” di kamar si Mbak !! (duh jadi inget jaman sekolah ada acara kemah pramuka).
Gara2 acara renovasi itu, aku jadi gak bisa ngenet dengan leluasa. Gimana mau ngenet??? Internet di rumahku tu pake kabel dan kabelnya cuma nyampe di kamarku yang kebetulan posisinya di depan. Sementara itu komputer, dll harus dimasukkan ke gudang, berada jauh di sudut dan tertutup oleh lemari, kulkas, dkk. Kamar yang aku tempati rame2 juga cuma ada 1 colokan listrik yang sudah kepake rame2 untuk nyolokin charger hape, kipas angin, lampu baca, TV (yak betul kami masukkan TV ke dalam kamar..kebayang sumpeknya macam apa???), dan beberapa peralatan elektronik lainnya (exp: rice cooker). Udah gitu kalau pagi sampai sore aliran listrik di rumahku dimatikan demi keselamatan para tukang yang sibuk nangkring di atas. Berarti rumahku cuma ada listrik kalo malam hari dan itupun cuma ada di kamar si Mbak (la wong ruangan lain gak ada lampunya). Jadi...gimana aku mo ngenet ?????
Selama beberapa hari aku nebeng ngenet dimana-mana. Di rumah temen, mall (memanfaatkan hotpot), atau kalo cukup berani nyolokin laptop di kamarku dengan resiko tertimpa kayu. Itupun cuma aku pergunakan untuk ngecek e-mail. Gak berani lama2 juga. Jadinya ya aku putuskan absen ngeblog aja.
Selama renovasi rumah berlangsung, aku berasa kayak mandor aja. Mengawasi tukang2... maen perintah ini itu ke tukang... hehehehe... tapi nyebelin juga sih karena banyak debu yang bikin batuk2. Banyak juga paku bertebaran yang sempet gak sengaja aku injak (duh korban kaki) jugaaaa membuat ban motorku bocor...!!! (buset dah ampe korban ban juga???)
Kalau dibilang stress emang iya... tapi namanya juga Nina... kejadian kayak gitu ya masih aja cengar cengir... dianggap lucu aja (padahal yang lain stress abis...panik...bingung...). Daripada mumet...!!
Setelah renovasi selesai jangan anggap semua masalah juga selesai. Lihat dulu tuh kondisi rumah. Ampuuunnn kotorrrnyaaaa... Akhirnya kerja bakti deh bersih2. Ini aja memakan waktu seharian. Besoknya kami pindah2in barang2 dan bersih2 lagi karena ternyata ntu barang2 juga terkena debu waktu renovasi. Buseettt capek banget deh.
Setelah semua selesai, kami bener2 sudah kecapekan. Tidur berjam-jam untuk memulihkan tenaga. Salut banget deh ama tukang2 yang udah benerin rumahku. Kan capek tu angkat2 kayu....dll. Si Mbak akhirnya bilang, “Yah namanya juga musibah, mau digimanain lagi, kita juga gak minta kan mbak?” Aku cuma manggut2 aja... Bener sih musibah... Tapi kayaknya kalo yang ini sih “Musibah Yang Gak Membawa Berkah” deh... hehehehehe

PS : Untuk sementara Nina emang masih sibuk dengan banyaknya kegiatan/kerjaan, jadi mohon maaf kalo tidak bisa sering2 blogwalking ke blog teman2... Susahnya nyari waktu buat BW....